Desain Produk, Nama Merek, Posisi Produk, Strategi Iklan, Promosi Penjualan
Analisis
Produk Nestle
1.
Design
Produk
Semakin banyaknya pesaing, Nestle harus dapat
bertahan dengan melakukan inovasi pada produknya dan membuat desain produk yang
kreatif. Saat ini menurut kami, desain dari setiap produk Nestle sangat menarik
dan kreatif sehingga konsumen tertarik untuk membeli poduknya
1. Kembang Gula & Coklat
Nestlé hadir dalam bentuk kembang gula dan coklat yang lezat
§ Fox’s
§ KitKat
§ Permen POLO
§ MILO
§ Nestle CRUNCH
2. Kopi
Pengalaman
ngopi terbaik yang didapat dari perpaduan dua dunia, biji kopi dan tradisi
ngopi Indonesia dan pengetahuan kopi NESCAFÉ yang berkelas dunia, yang
akan membuat kamu terinspirasi untuk melihat hal-hal baik dalam hidupmu.
§ NESCAFE Classic
§ NESCAFE 3 in 1
§ NESCAFE Kopi Susu Tubruk
§ NESCAFE Mochaccino
§ NESCAFE Capuccino
§ NESCAFE GOLD
§ NESCAFE Ice
§ NESCAFE MENU
§ NESCAFE MATE
3. Minuman
Nestlé
menghadirkan beragam minuman dengan rasa unik dan lezat yang disukai. Dibuat
dari bahan alami bernutrisi, kaya vitamin dan mineral.
§ MILO
§ MILO 3 in 1
§ NESTEA
4. Nutrisi
anak dan keluarga
§ DANCOW +
§ DANCOW BATITA
§ DANCOW DATITA
§ DANCOW NUTRIGOLD
§ DANCOW Enriched
§ DANCOW Actigo!
§ DANCOW Full Cream
§ DANCOW IDEAL
5.
Makanan pendamping ASI
§ Nstle CERELAC Harga Ekonomis
§ Nestle CERELAC Bubur Susu
6.
Makanan Sereal
§ Nestle Fitnesse
§ Nestle KOKO KRUNCH
§ Nestle KOKO KRUNCH DUO
§ Nestle CORNFLAKES
§ Nestle MILO BALLS
§ Nestle Honey Stars
§ Nestle Cookies Crips
§ Nestle Honey Gold Flakes
7.
Produk Kuliner
§ Carnation
§ Nestle Cap Nona
8.
Minuman siap minum
§ Bear Brand
§ MILO UHT
§ MILO Can
§ Nescafe Can
§ Nescafe UHT
9.
Nutrisi Kesehatan
§ NUTREN Diabetik
§ NUTREN Optimum
§ NUTREN Fibre
§ NUTREN Junior
§ PAPTAMEN
§ PAPTAMEN Junior
2.
Nama
Merek
Nestle mmpunyai banyak sekali merek yang lekat dihati konsumennya seperti
KitKat, milo, nescafe, dancow, cerelac, koko kruch, bear brand dan masih banyak
lagi. Bahkan produk nestle menjadi pemimpin
pangsa pasar atau posisi no. 2 yang kuat di setiap kategori. Hal ini
dikarenakan oleh moto Nestlé yaitu “Good Food, Good Life”.
3.
Posisi/Distribusi
Produk
Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé SA,
perusahaan yang terdepan dalam bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, yang
berkantor pusat di Vevey, Swiss. Nestlé SA didirikan lebih dari 140 tahun lalu
oleh Henri Nestlé, seorang ahli farmasi yang berhasil meramu bubur bayi guna
membantu seorang ibu menyelamatkan bayinya sangat sakit dan tidak mampu
menerima air susu ibu.
Nestlé telah beroperasi di Indonesia sejak tahun
1971, dan pada saat ini perusahaan mempekerjakan lebih dari 2.600 karyawan
untuk menghasilkan beragam produk Nestlé di tiga pabrik: Pabrik Kejayan,
Pasuruan, Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW, BEAR BRAND, dan
NESTLÉ DANCOW IDEAL; Pabrik Panjang di Lampung untuk mengolah kopi instan
NESCAFÉ serta Pabrik Cikupa di Banten untuk memproduksi produk kembang gula
FOX’S dan POLO. Saat ini sedang dibangun pabrik ke-empat di Karawang yang
beroperasi pada tahun 2013 untuk memproduksi DANCOW, MILO, dan bubur bayi
Nestlé CERELAC.
Nestlé telah hadir di Indonesia sejak abad ke-19.
Nestlé telah mengoperasikan tiga (3) pabrik yang mengolah sekitar 700.000
liter susu setiap hari dari 33.000 peternak susu di Jawa Timur dan 10.000
ton kopi dari sekitar 10.000 petani kopi di Lampung setiap tahun. Bersama
ketiga sentra distribusi dan ratusan distributor Nestlé Indonesia hadir di
setiap provinsi di Indonesia, memastikan ketersediaan produk Nestlé bagi
konsumen Nestlé bagi konsumen diseluruh Indonesia.
4.
Srategi
Pemasaran
Nestle menerapkan strategi
manajemen kontrol sistem yang terdesentralisasi, dengan mendelegasikan otoritas
pengambilan keputusan di masing-masing unit bisnis sehingga keputusan-keputusan
yang diambil sesuai dengan kondisi di masing-masing negara. Untuk
mengkoordinasikan seluruh unit bisnisnya di seluruh dunia maka dibutuhkan
peranan sistem teknologi informasi yang bisa mengkoordinasikan seluruh
aktivitas bisnis agar diperoleh competitive advantage.
Perusahaan seperti Nestle yang telah melakukan diversifikasi bisnis, pada
umumnya memiliki dua tingkatan strategi:
a. Strategi
unit bisnis (competitive strategy) yang menitik-beratkan pada upaya membangun
keunggulan di setiap bidang usaha yang digeluti.
b. Strategi korporasi
yang menentukan berbagai bisnis yang akan diusahakan termasuk pengelolaan
keseluruhan portofolio bisnis perusahaan tersebut.
Dalam pemasaran produk susu BALITA, Nestle melakukan
strategi Co-Parenting dimana strategi ini bermaksud untuk menyadarkan orang tua
akan pentingnya kebutuhan nutrisi dan gizi anak serta untuk mendukung stimulasi
fisik dan psikisnya. Konsep co-parenting di mana
ayah turut berperan aktif mengasuh anak menjadi pilihan kampanye edukasi
Lactogen 3 Activgro karena ada sejumlah penelitan yang menunjukkan dampak
positif akan hal tersebut. Pertama, penelitian yang dilakukan oleh University of
Guelph Canada tahun 2007 menunjukkan kuatnya pengaruh keterlibatan ayah dalam
pola pengasuhan terhadap perkembangan anak secara sosial, emosi, fisik dan
kognitif.
5.
Promosi
Penjualan
Dalam
mempromosikan produknya, nestle melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan
konsumen dengan menggunakn bentuk periklanan (advertising) baik itu media cetak
ataupun elektronik. Nestle pun aktif melakukan event-event di berbagai daerah
untuk melakukan pemasaran secara langsung.
6.
Layanan
Konsumen
Saran,
komentar atau pertanyaan terkait produk atau pelayanan Nestle dapat ditujukan
ke Nestlé Consumer Services melalui nomor telepon bebas pulsa 08001821028 atau
e-mail ke sahabat.nestle@id.nestle.com.
Bisa juga menghubungi nestle.indonesia@id.nestle.com.
Alamat kantor:
Perkantoran Hijau
Arkadia,
Tower B,
5th Floor Jalan Letjen T. B.
Simatupang Kav. 88
Jakarta 12520
Jakarta 12520
Telepon:+6221 78836000
Fax: +62 21 7883 6001
Fax: +62 21 7883 6001
Daftar
Pustaka
Komentar
Posting Komentar