Desain Produk, Nama Merek, Posisi Produk, Strategi Iklan, Promosi Penjualan



Analisis Produk Nestle
1.     Design Produk
Semakin banyaknya pesaing, Nestle harus dapat bertahan dengan melakukan inovasi pada produknya dan membuat desain produk yang kreatif. Saat ini menurut kami, desain dari setiap produk Nestle sangat menarik dan kreatif sehingga konsumen tertarik untuk membeli poduknya
1.      Kembang Gula & Coklat
Nestlé hadir dalam bentuk kembang gula dan coklat yang lezat
§  Fox’s
§  KitKat
§  Permen POLO
§  MILO
§  Nestle CRUNCH




2.      Kopi
Pengalaman ngopi terbaik yang didapat dari perpaduan dua dunia, biji kopi dan tradisi ngopi Indonesia dan pengetahuan kopi NESCAFÉ yang berkelas dunia, yang akan membuat kamu terinspirasi untuk melihat hal-hal baik dalam hidupmu.
§  NESCAFE Classic
§  NESCAFE 3 in 1
§  NESCAFE Kopi Susu Tubruk
§  NESCAFE Mochaccino
§  NESCAFE Capuccino
§  NESCAFE GOLD
§  NESCAFE Ice
§  NESCAFE MENU
§  NESCAFE MATE




3.      Minuman
Nestlé menghadirkan beragam minuman dengan rasa unik dan lezat yang disukai. Dibuat dari bahan alami bernutrisi, kaya vitamin dan mineral.
§  MILO
§  MILO 3 in 1
§  NESTEA


4.      Nutrisi anak dan keluarga
§  DANCOW +
§  DANCOW BATITA
§  DANCOW DATITA
§  DANCOW NUTRIGOLD
§  DANCOW Enriched
§  DANCOW Actigo!
§  DANCOW Full Cream
§  DANCOW IDEAL



5. Makanan pendamping ASI
§  Nstle CERELAC Harga Ekonomis
§  Nestle CERELAC Bubur Susu



6. Makanan Sereal
§  Nestle Fitnesse
§  Nestle KOKO KRUNCH
§  Nestle KOKO KRUNCH DUO
§  Nestle CORNFLAKES
§  Nestle MILO BALLS
§  Nestle Honey Stars
§  Nestle Cookies Crips
§  Nestle Honey Gold Flakes





7. Produk Kuliner
§  Carnation
§  Nestle Cap Nona



8. Minuman siap minum
§  Bear Brand
§  MILO UHT
§  MILO Can
§  Nescafe Can
§  Nescafe UHT



9. Nutrisi Kesehatan
§  NUTREN Diabetik
§  NUTREN Optimum
§  NUTREN Fibre
§  NUTREN Junior
§  PAPTAMEN
§  PAPTAMEN Junior





2.     Nama Merek
Nestle mmpunyai banyak sekali  merek yang lekat dihati konsumennya seperti KitKat, milo, nescafe, dancow, cerelac, koko kruch, bear brand dan masih banyak lagi. Bahkan produk nestle menjadi pemimpin pangsa pasar atau posisi no. 2 yang kuat di setiap kategori. Hal ini dikarenakan oleh moto Nestlé yaitu “Good Food, Good Life”.

3.     Posisi/Distribusi Produk
Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé SA, perusahaan yang terdepan dalam bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Nestlé SA didirikan lebih dari 140 tahun lalu oleh Henri Nestlé, seorang ahli farmasi yang berhasil meramu bubur bayi guna membantu seorang ibu menyelamatkan bayinya sangat sakit dan tidak mampu menerima air susu ibu.
Nestlé telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1971, dan pada saat ini perusahaan mempekerjakan lebih dari 2.600 karyawan untuk menghasilkan beragam produk Nestlé di tiga pabrik: Pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW, BEAR BRAND, dan NESTLÉ  DANCOW IDEAL; Pabrik Panjang di Lampung untuk mengolah kopi instan NESCAFÉ serta Pabrik Cikupa di Banten untuk memproduksi produk kembang gula FOX’S dan POLO. Saat ini sedang dibangun pabrik ke-empat di Karawang  yang beroperasi pada tahun 2013 untuk memproduksi DANCOW, MILO, dan bubur bayi Nestlé CERELAC. 
Nestlé telah hadir di Indonesia sejak abad ke-19.  Nestlé telah mengoperasikan tiga (3) pabrik yang mengolah sekitar 700.000 liter susu setiap hari  dari 33.000 peternak susu di Jawa Timur dan 10.000 ton kopi dari sekitar 10.000 petani kopi di Lampung setiap tahun. Bersama ketiga sentra distribusi dan ratusan distributor Nestlé Indonesia hadir di setiap provinsi di Indonesia, memastikan ketersediaan produk Nestlé bagi konsumen Nestlé bagi konsumen diseluruh Indonesia.

4.     Srategi Pemasaran
Nestle menerapkan strategi manajemen kontrol sistem yang terdesentralisasi, dengan mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan di masing-masing unit bisnis sehingga keputusan-keputusan yang diambil sesuai dengan kondisi di masing-masing negara. Untuk mengkoordinasikan seluruh unit bisnisnya di seluruh dunia maka dibutuhkan peranan sistem teknologi informasi yang bisa mengkoordinasikan seluruh aktivitas bisnis agar diperoleh competitive advantage.
Perusahaan seperti Nestle yang telah melakukan diversifikasi bisnis, pada umumnya memiliki dua tingkatan strategi:
a.       Strategi unit bisnis (competitive strategy) yang menitik-beratkan pada upaya membangun keunggulan di setiap bidang usaha yang digeluti.
b.      Strategi korporasi yang menentukan berbagai bisnis yang akan diusahakan termasuk pengelolaan keseluruhan portofolio bisnis perusahaan tersebut.
Dalam pemasaran produk susu BALITA, Nestle melakukan strategi Co-Parenting dimana strategi ini bermaksud untuk menyadarkan orang tua akan pentingnya kebutuhan nutrisi dan gizi anak serta untuk mendukung stimulasi fisik dan psikisnya. Konsep co-parenting di mana ayah turut berperan aktif mengasuh anak menjadi pilihan kampanye edukasi Lactogen 3 Activgro karena ada sejumlah penelitan yang menunjukkan dampak positif akan hal tersebut. Pertama, penelitian yang dilakukan oleh University of Guelph Canada tahun 2007 menunjukkan kuatnya pengaruh keterlibatan ayah dalam pola pengasuhan terhadap perkembangan anak secara sosial, emosi, fisik dan kognitif.

5.     Promosi Penjualan
Dalam mempromosikan produknya, nestle melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan konsumen dengan menggunakn bentuk periklanan (advertising) baik itu media cetak ataupun elektronik. Nestle pun aktif melakukan event-event di berbagai daerah untuk melakukan pemasaran secara langsung.

6.     Layanan Konsumen
Saran, komentar atau pertanyaan terkait produk atau pelayanan Nestle dapat ditujukan ke Nestlé Consumer Services melalui nomor telepon bebas pulsa 08001821028 atau e-mail ke sahabat.nestle@id.nestle.com. Bisa juga menghubungi nestle.indonesia@id.nestle.com.
Alamat kantor:
Perkantoran Hijau Arkadia,
Tower B,
 5th Floor Jalan Letjen T. B. Simatupang Kav. 88
Jakarta 12520
Telepon:+6221 78836000
Fax:  +62 21 7883 6001









Daftar Pustaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemasaran internasional dan pengaruh budaya

5 alternatif strategi dalam pemasaran global